koneksi antar materi modul 2.1
Koneksi Antar Materi Modul 2.1
Koneksi antar materi Modul 2.1 berisikan kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas. Serta bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Kemudian menjelaskan keterkaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.
Apa yang Anda
pahami mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi?
Pembelajaran
berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk
meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil
belajar siswa tersebut. Atau dengan kata lain Pembelajaran Berdiferensiasi
adalah Pembelajaran yang berorientasi kepada kebutuhan murid.
Mengapa kita
melakukan Pembelajaran Berdiferensiasi?
- Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara
jelas
- Merespon kebutuhan belajar murid
- lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk
belajar
- Manajemen kelas yang efektif
- Penilaian berkelanjutan
Apa saja
strategi Pembelajaran Berdiferensiasi?
- Diferensiasi Konten (terkait apa yang kita
ajarkan pada murid)
- Diferensiasi Proses (Mengacu padabagaimana
murid memahami materi
- Diferensiasi Produk (Terkait bukti yang
menunjukkan apa yang murid telah pahami
Untuk
menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi, guru terlebih dahulu
MEMETAKAN Kebutuhan Belajar Murid. Kebutuhan belajar murid di antaranya adalah
:
- Kesiapan Belajar (Kesiapan belajar/readiness adalah
kapasitas untuk mempelajari materi baru)
- Minat Belajar (Minat adalah salah satu motivator
penting bagi murid untuk dapat ‘terlibat aktif’ dalam proses pembelajaran)
- Profil Belajar (merupakan pendekatan yang disukai
murid untuk belajar, yang dipengaruhi oleh gaya berpikir, kecerdasan,
budaya, latar belakang, jenis kelamin, dll.)
KONEKSI ANTAR MATERI
Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Filosofi Pendidikan KHD
Fiosofi
Pembelajaran KHD menegaskan bahwa pendidikan harus berpihak pada murid. Hal ini
selaras dengan pembelajaran berdiferensiasi, dimana
pembelajaran berorientasi kepada kebutuhan murid
Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Nilai dan Peran Guru
Penggerak
Dalam memetakan
kebutuhan belajar murid dibutuhan guru yang memiliki nilai reflektif terhadap
proses pembelajaran yang sudah dilaluinya bersama murid; harus inovatif membuat
media pembelajarn yang sesuai dengan kebutuhan murid; dan harus mampu
berkolaborasi dengan murid, sesama guru, dan orang tua murid untuk mendapatkan
informasi tentang karakter belajar murid.
Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Visi Guru Penggerak
Guru Penggerak
memiliki Visi untuk melakukan perubahan positif pada pembelajaran yang berpihak
pada murid. melalui strategi pendekatan Inquiry Apresiatif, guru akan menemukan
kekuatan yang dimilikinya untuk mewujudkan VISI tentang murid impiannya
Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Budaya Positif
Dalam
pembelajaran berdiferensiasi, guru memiliki peran yang sangat penting dalam
membentuk atmosfir lingkungan yang positif. Lingkungan yang positif terwujud
karena adanya budaya positif yang lahir dari disiplin internal dalam komunitas
belajar.
Komentar
Posting Komentar