KONEKSI ANATAR MATEI MODUL 1.2

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

1.Peristiwa : Bahwa dalam pembelajaran modul 1.1 ini saya menjadi lebih paham dalam pelaksnaan  proses pembelajaran sebelum saya melaksanakan pembelajaran yang menjadi saubjek adalah guru setelah saya mempelajari modul 1.1 saya tahu bahwa kita sebagai pendidik harus melaksanakan proses pembelajaran yang berpihak pada murid, kita harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide-ide atau gagasan dalam proses pembelajaran. Dari modul 1.1 ini kita juga sebagai pendidik harus memperhatikan kodrat yang dimiliki murid kita yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam sesuai dipengaruhi kultur budaya dan lingkungan sekitar murid sedangkan kodrat zaman perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu. Pada modul 1.2 saya dapat memahami bahwa ada 5 nilai guru penggerak yaitu, berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif.

Kaitan antara modul 1.1 dengan modul 1.2 adalah modul ini sama-sama bahwa seorang pendidik harus melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Murid adalah tujuan kita dalam pendidikan. Sesuai dari Ki Hajar Dewantara bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun anak dengan segala kodratnya agar mereka bisa menjadi manusia yang mencapai keselamatan dan kebahagian yang seting-tingginya.


2. Perasaan : Perasaan saya ketika saya mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 pertama sekali perasaan saya sedih saya belum sepenuhnya menjadi pendidik yang memenuhi sesuai modul 1.1 dan modul 1.2. Tetapi setelah saya memahami modul 1.1 dan 1.2 saya menerapkannya sedikit demi sedikit di sekolah, saya menjadi senang bisa diberi kesempatan bisa mengimplementasikan hasil dari modul 1.1 dan modul 1.2


3. Pembelajaran :Sebelum mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya pikir bahwa saya sudah menjadi pendidik dan guru penggerak yang sesungguhnya.Tetapi saya masih belum memiliki kriteria pendidik yang berpihak pada murid dan belum sepenihnya memiliki kriteria nilai dan peran sebagai guru penggerak. Maka saya akan terus mempelajari dan mencoba untuk mengimplementasikan sesidikit demo sedikit yang saya peroleh dari modul 1.1 dan modul 1.2.


4.Penerapan ke depan (Rencana) : Saya akan melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid, dan saya akan terus mengelola kelas yang kondufsif agar murid saya merasa senang untuk mengikuti proses pembelajaran. Saya juga akan selalu bekerjasama baik dengan murid, rekan guru disekolah, orang tua  murid, kepala sekolah maupun kepala sekolah untuk mengembangkan mutu sekolah saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSPLORASI KONSEP MODUL 2.2

BLOG KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1

DEMONTRASI KONTEKTUAL MODUL 2.1