DEMONTRASI KONTEKTUAL MODUL 2.1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                                 :SMK Negeri 2 Sibolga

Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : X/Genap

Materi Pokok                       : Diriku bersama dengan orang lain

Alokasi Waktu                     :  3 Jam Pelajaran @45 Menit

 

A.      Kompetensi Inti

KI-1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

KI-3:    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI-4:    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

1.4 Mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

·      Mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

2.4 Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

·      Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

3.4 Menganalisis makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

·      Menjelaskan pemahaman mengenai ras, etnis dan gender

·      Menjelaskan persoalan yang dihadapi menyangkut ras, etnis, dan gender di tempat masing-masing.

4.4 Membuat proyek mengenai kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

·      Menceritakan mengenai sikap yang baik yang dapat dilakukannya dalam kaitannya dengan perbedaan ras, etnis dan gender.

·      Menganalisis mengenai perbedaan ras, etnis, dan gender yang bersifat memperkaya pengalaman dalam bergaul dengan orang yang berbeda dengannya tanpa kehilangan identitas.

·      Menyusun doa syukur pada Allah karena telah menciptakan manusia dalam keberagaman ras, etnis, dan gender.

·      Mengidentifikasikan mengenai masalahmasalah yang muncul dalam masyarakat yang berakar dari perbedaan ras, etnis, dan gender.

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

·         Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

·         Menjelaskan pemahaman mengenai ras, etnis dan gender

·         Menjelaskan persoalan yang dihadapi menyangkut ras, etnis, dan gender di tempat masing-masing.

·         Menceritakan mengenai sikap yang baik yang dapat dilakukannya dalam kaitannya dengan perbedaan ras, etnis dan gender.

·         Menganalisis mengenai perbedaan ras, etnis, dan gender yang bersifat memperkaya pengalaman dalam bergaul dengan orang yang berbeda dengannya tanpa kehilangan identitas.

·         Menyusun doa syukur pada Allah karena telah menciptakan manusia dalam keberagaman ras, etnis, dan gender.

·         Mengidentifikasikan masalah-masalah yang muncul dalam masyarakat yang berakar dari perbedaan ras, etnis, dan gender.

 

D.      Materi Pembelajaran

Ø  Diriku bersama dengan orang lain              

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

·         Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

 

E.      Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Metode                          : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan , flip learning

 

F.       Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

·         LCD Proyektor

 

Alat/Bahan :

·         Penggaris, spidol, papan tulis

·         Laptop & infocus

 

G.      Sumber Belajar

·         Buku Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016

·         Buku refensi yang relevan,

·         Alkitab: Kejadian 1-2; Lukas 10:25-36; Roma 10:12; Keluaran 22:21

·         Lingkungan setempat

 

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran

1.

 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam  pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran dan Menyampaikan Keyakinan  Kelas yang sudah di sepakati bersama

(Diferensiasi  Proses)  Sebelum mengawali kegiatan pembelajaran,  guru melakukan  pemetaan kebutuhan  belajar  murid, diantaranya  berdasarkan profil belajar, kesiapan belajar, dan minat

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

·         Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

 

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan dengan Kuis

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. (DIFRENSIASI KONTEN)

Mengamati

Lembar kerja materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender

Pemberian contoh-contoh materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb (DIFERENSIASI PROSES)

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet, Koran, majalah materi yang berhubungan dengan Pengertian Ras, Etnis dan Gender (Metode Flip Learning) (KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN MINAT SISWA)

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian Ras, Etnis dan Gender (DIFERENSIASI PROSES)

Mendengar

 

Pemberian materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender (DIFERENSIASI PROSES)

 

·          Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

 

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

 

·          Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

 

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Masalah-masalah seputar Ras, Etnis dan Gender yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. (DIFERENSIASI PROSES)

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber seperti koran, majalah, website dan ain sebagainya  guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang sedang dipelajari.( MINAT SISWA)

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang sedang dipelajari. (mengembangkan  kreativitas,  rasa  ingin  tahu,  dan berpikir kritis).

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA) (DIFERENSIASI PROSES)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pemahaman Alkitab mengenai ras, etnis dan gender

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengertian Ras, Etnis dan Gender sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

·          Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

 

 

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi : DIFERENSIASI PROSES)

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

 

·           Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

Mengolah informasi dari materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

·          Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

 

 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender serta sikap  yang dilakukan Remaja terhadap perbedaan ras, etnis dan gender  berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media  lainnya seperti blog, poster, presentasi dan lain sebagainya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. (DIFERENSIASI PRODUK)

Menampilkan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender serta sikap  yang dilakukan Remaja terhadap perbedaan ras, etnis dan gender

 

 

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender serta sikap  yang dilakukan Remaja terhadap perbedaan ras, etnis dan gender   dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender serta sikap  yang dilakukan Remaja terhadap perbedaan ras, etnis dan gender  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

·         Pengertian Ras, Etnis dan Gender

 

·          Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender

·         Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender

·         Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras

Menjawab pertanyaan tentang materi  Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Pengertian Ras, Etnis dan Gender berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

BERDOA DAN BERNYANYI

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pengertian Ras, Etnis dan Gender

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pengertian Ras, Etnis dan Gender kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik dan memberikan refleksi dan apresiasi kepada murid

 

I.          Penilaian Hasil Pembelajaran

1.       Penilaian Skala Sikap

Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!

 

No

Pernyataan

Kebiasaan

Selalu

Sering

Jarang

Tidak Pernah

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik× 100

skor tertinggi 4

 

2.       Penilaian Pengetahuan

Contoh Penilaian Tertulis

 

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen

Kelas/Semester : X/Genap

 

 Mensuplai jawaban singkat atau pendek:

1. Sebutkan ciri-ciri orang yang memelihara iman.

2. ..................................

 

Cara Penskoran:

Skor diberikan kepada peserta didik tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan/ditetapkan guru. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.

 

 

3.       Penilaian Keterampilan,  contoh Check list

Format Penilaian Praktik: bermain peran tokoh/cerita Alkitab

Nama peserta didik: ________ Kelas: _____

 

 

No

Aspek Yang Dinilai

Skala Penilaian

5

4

3

2

1

1.

Penghayatan

 

 

 

 

 

2.

Atribut pendukung yang digunakan

 

 

 

 

 

3.

Kerja sama

 

 

 

 

 

4.

Ketepatan isi cerita

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:

5 = sangat baik

4 = baik

3 = cukup

2 = kurang

1 = sangat kurang

 

Penilaian unjuk kerja yang menggunakan skala penilaian memungkinkan penilai mem­beri nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum di mana pilihan kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian teren­tang dari tidak sempurna sampai sangat sempurna. Misalnya: 5 = sangat kompeten, 4 = kompeten, 3 = cukup kompeten, 2 = kurang kompeten, dan 1 = sangat kurang kompeten. Untuk memperkecil faktor subyektivitas, perlu dilakukan penilaian oleh lebih dari satu orang, agar hasil penilaian lebih akurat.

 

4.       Penilaian Diskusi

Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna .

Aspek dan rubrik penilaian:

1)       Kejelasan dan ke dalaman informasi

(a)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100.

(b)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.

(c)     Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50.

(d)     Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25.

 

Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Kejelasan dan Kedalaman Informasi

T

TT

R

R

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2)       Keaktifan dalam diskusi

(a)     Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.

(b)     Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.

(c)     Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.

(d)     Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.

 

Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Keaktifan dalam Diskusi

T

TT

R

R

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3)       Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume

(a)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resumedengan sangat jelas dan rapi, skor 100.

(b)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.

(c)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.

(d)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.

Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Kejelasan dan Kerapian Presentasi

T

TT

R

R

1

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.       Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

 

CONTOH PROGRAM REMIDI

 

Sekolah                                                  : ........................

Kelas/Semester                                     : ........................

Mat Pelajaran                                       : ........................

Ulangan Harian Ke                              : ........................

Tanggal Ulangan Harian                    : ........................

Bentuk Ulangan Harian                     : ........................

Materi Ulangan Harian                       : ........................

(KD/Indikator                                       : ........................

KKM                                                       : ........................

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Ket.

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

dst,

 

 

 

 

 

 

 

6.       Pengayaan

Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi  sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.

 

 

 

 

7.       Interaksi Guru dengan Orang Tua

Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom kolom kegiatan dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.

Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi.

 

 

                                                                                                                                    SIBOLGA , FEBRUARI 2023

 

Mengetahui

Kepala SMK N 2 SIBOLGA                                                Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Bastian Sitompul S.Pd                                                           Desmetamaria Silitonga, S.Pd.K

NIP. 19701217 199702 1 002                                    NIP/NRK. -

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSPLORASI KONSEP MODUL 2.2

koneksi antar materi modul 2.1

BLOG KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.1