DEMONTRASI KONTEKTUAL MODUL 2.1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:SMK Negeri 2 Sibolga
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: X/Genap
Materi
Pokok : Diriku bersama dengan orang lain
Alokasi
Waktu : 3 Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI-3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar |
Indikator |
1.4
Mensyukuri karunia Allah melalui
kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas |
· Mensyukuri karunia Allah melalui
kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas |
2.4
Bersedia hidup bersama dengan orang
lain tanpa kehilangan identitas |
· Bersedia hidup bersama dengan
orang lain tanpa kehilangan identitas |
3.4
Menganalisis makna kebersamaan dengan
orang lain tanpa kehilangan identitas |
· Menjelaskan pemahaman mengenai
ras, etnis dan gender · Menjelaskan
persoalan yang dihadapi menyangkut
ras, etnis, dan gender di tempat masing-masing. |
4.4
Membuat proyek mengenai kebersamaan
dengan orang lain tanpa kehilangan identitas |
· Menceritakan
mengenai sikap yang baik yang
dapat dilakukannya dalam kaitannya dengan perbedaan ras, etnis dan gender. · Menganalisis mengenai perbedaan
ras, etnis, dan gender yang bersifat memperkaya pengalaman dalam bergaul
dengan orang yang berbeda dengannya tanpa kehilangan identitas. · Menyusun doa syukur pada Allah
karena telah menciptakan manusia dalam keberagaman ras, etnis, dan gender. · Mengidentifikasikan mengenai
masalahmasalah yang muncul dalam masyarakat yang berakar dari perbedaan ras,
etnis, dan gender. |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa
kehilangan identitas
·
Bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
·
Menjelaskan pemahaman mengenai ras, etnis dan gender
·
Menjelaskan persoalan yang dihadapi menyangkut ras, etnis, dan gender di
tempat masing-masing.
·
Menceritakan mengenai sikap yang baik yang dapat dilakukannya dalam
kaitannya dengan perbedaan ras, etnis dan gender.
·
Menganalisis mengenai perbedaan ras, etnis, dan gender yang
bersifat memperkaya pengalaman dalam bergaul dengan orang yang berbeda
dengannya tanpa kehilangan identitas.
·
Menyusun doa syukur pada Allah karena telah menciptakan manusia dalam
keberagaman ras, etnis, dan gender.
·
Mengidentifikasikan masalah-masalah yang muncul dalam masyarakat yang berakar dari perbedaan ras,
etnis, dan gender.
D.
Materi
Pembelajaran
Ø Diriku bersama dengan orang lain
·
Pengertian Ras, Etnis dan Gender
·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender
·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender
·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras
E.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery
Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara,
diskusi dan , flip learning
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol, papan tulis
·
Laptop & infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
·
Buku refensi yang relevan,
·
Alkitab: Kejadian 1-2; Lukas 10:25-36; Roma 10:12;
Keluaran 22:21
·
Lingkungan setempat
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. |
(3 x 45 Menit) |
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|||
Guru
: |
|||
Orientasi |
|||
● |
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
||
● |
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
||
● |
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran dan Menyampaikan Keyakinan Kelas yang
sudah di sepakati bersama (Diferensiasi Proses) Sebelum mengawali kegiatan pembelajaran,
guru
melakukan pemetaan kebutuhan
belajar murid, diantaranya
berdasarkan profil belajar, kesiapan belajar, dan minat |
||
Aperpepsi |
|||
● |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
||
● |
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
||
Motivasi |
|||
● |
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. |
||
● |
Apabila
materi tema/projek
ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi : |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender ·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
|
|||
● |
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung |
||
● |
Mengajukan
pertanyaan dengan Kuis |
||
Pemberian
Acuan |
|||
● |
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. |
||
● |
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung |
||
● |
Pembagian
kelompok belajar |
||
● |
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|||
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
Stimulation |
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender dengan cara : |
|||
→ |
Melihat
(tanpa atau dengan Alat) |
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan. (DIFRENSIASI KONTEN) |
||
→ |
Mengamati |
||
● |
Lembar
kerja materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender |
||
● |
Pemberian
contoh-contoh materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb (DIFERENSIASI PROSES) |
||
→ |
Membaca. |
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet, Koran, majalah materi yang
berhubungan dengan Pengertian Ras, Etnis dan Gender (Metode Flip Learning) (KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN MINAT SISWA) |
||
→ |
Menulis |
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian Ras, Etnis dan
Gender (DIFERENSIASI
PROSES) |
||
→ |
Mendengar |
||
|
Pemberian
materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender oleh guru. |
||
→ |
Menyimak |
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi : |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender (DIFERENSIASI PROSES) |
||
|
·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi. |
||
Problem
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : |
|||
→ |
Mengajukan
pertanyaan tentang materi : |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender |
||
|
·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. |
|||
Data
|
KEGIATAN LITERASI |
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: |
|||
→ |
Mengamati
obyek/kejadian |
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Masalah-masalah
seputar Ras,
Etnis dan Gender yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
(DIFERENSIASI PROSES) |
||
→ |
Membaca
sumber lain selain buku teks |
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber seperti koran, majalah, website dan ain sebagainya guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang sedang dipelajari.( MINAT SISWA) |
||
→ |
Aktivitas |
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang sedang dipelajari. (mengembangkan
kreativitas, rasa
ingin tahu,
dan
berpikir
kritis). |
||
→ |
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber |
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. |
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA) (DIFERENSIASI PROSES) |
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: |
|||
→ |
Mendiskusikan |
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pemahaman Alkitab
mengenai ras, etnis dan gender |
||
→ |
Mengumpulkan
informasi |
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar. |
||
→ |
Mempresentasikan
ulang |
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pengertian Ras, Etnis dan Gender sesuai dengan pemahamannya. |
||
→ |
Saling
tukar informasi tentang materi : |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender ·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat. |
|||
Data
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
: |
|||
→ |
Berdiskusi
tentang data dari Materi : DIFERENSIASI PROSES) |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender |
||
|
·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
→ |
Mengolah
informasi dari materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. |
||
→ |
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian Ras, Etnis dan
Gender |
||
Verification
(pembuktian) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : |
|||
→ |
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender ·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik. |
|||
Generalization
(menarik kesimpulan) |
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan |
|||
→ |
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender
serta sikap yang dilakukan Remaja
terhadap perbedaan ras, etnis dan gender berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya seperti blog, poster, presentasi dan lain sebagainya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. (DIFERENSIASI PRODUK) |
||
→ |
Menampilkan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi : |
||
|
Masalah-masalah
seputar ras etnis dan gender serta sikap yang dilakukan Remaja terhadap perbedaan
ras, etnis dan gender |
||
|
|
||
→ |
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender
serta sikap yang dilakukan Remaja
terhadap perbedaan ras, etnis dan gender dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan. |
||
→ |
Bertanya
atas presentasi tentang materi Masalah-masalah seputar ras etnis dan gender serta sikap yang dilakukan Remaja terhadap perbedaan
ras, etnis dan gender yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya. |
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|||
→ |
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : |
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : |
||
|
·
Pengertian Ras, Etnis
dan Gender |
||
|
·
Masalah-masalah Sekitar Ras, Etnis dan Gender ·
Pemahaman Alkitab tentang Ras, Etnis dan Gender ·
Sikap Remaja Kristen Terhadap Perbedaan Ras |
||
→ |
Menjawab
pertanyaan tentang materi Pengertian
Ras, Etnis dan Gender yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan. |
||
→ |
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang akan selesai dipelajari |
||
→ |
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pengertian
Ras, Etnis dan Gender yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. |
||
Catatan : Selama
pembelajaran Pengertian Ras, Etnis dan
Gender berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|||
Peserta
didik : |
|||
● |
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang baru
dilakukan. |
||
● |
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pengertian Ras, Etnis dan Gender yang baru diselesaikan. |
||
● |
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. BERDOA DAN BERNYANYI |
||
Guru
: |
|||
● |
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pengertian Ras, Etnis dan
Gender |
||
● |
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas |
||
● |
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Pengertian Ras, Etnis dan Gender kepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik dan memberikan
refleksi dan apresiasi kepada murid |
||
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda
“centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang
tersedia!
No |
Pernyataan |
Kebiasaan |
|||
Selalu |
Sering |
Jarang |
Tidak Pernah |
||
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah
skor yang diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4
2. Penilaian Pengetahuan
Contoh Penilaian Tertulis
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester : X/Genap
Mensuplai jawaban singkat atau pendek:
1. Sebutkan ciri-ciri orang yang memelihara iman.
2.
..................................
Cara Penskoran:
Skor diberikan kepada peserta didik tergantung dari
ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan/ditetapkan guru. Semakin
lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.
3. Penilaian Keterampilan, contoh
Check list
Format Penilaian Praktik: bermain peran tokoh/cerita
Alkitab
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No |
Aspek Yang Dinilai |
Skala Penilaian |
||||
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1. |
Penghayatan |
|
|
|
|
|
2. |
Atribut pendukung yang digunakan |
|
|
|
|
|
3. |
Kerja sama |
|
|
|
|
|
4. |
Ketepatan isi cerita |
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:
5 = sangat baik
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = sangat
kurang
Penilaian unjuk kerja yang menggunakan skala
penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan
kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum di mana pilihan
kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian terentang dari tidak sempurna
sampai sangat sempurna. Misalnya: 5 = sangat kompeten, 4 = kompeten, 3 = cukup
kompeten, 2 = kurang kompeten, dan 1 = sangat kurang kompeten. Untuk
memperkecil faktor subyektivitas, perlu dilakukan penilaian oleh lebih dari
satu orang, agar hasil penilaian lebih akurat.
4. Penilaian Diskusi
Peserta didik
berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik
penilaian:
1)
Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi kurang lengkap, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan Kedalaman Informasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2)
Keaktifan dalam diskusi
(a)
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Keaktifan dalam Diskusi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3)
Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a)
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resumedengan sangat jelas
dan rapi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan
rapi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas
dan kurang rapi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas
dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan Kerapian Presentasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum
mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan
penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu
terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan
hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih
ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
CONTOH PROGRAM
REMIDI
Sekolah :
........................
Kelas/Semester :
........................
Mat Pelajaran : ........................
Ulangan Harian
Ke :
........................
Tanggal Ulangan
Harian :
........................
Bentuk Ulangan
Harian :
........................
Materi Ulangan
Harian :
........................
(KD/Indikator :
........................
KKM :
........................
No |
Nama Peserta
Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator
yang Belum Dikuasai |
Bentuk
Tindakan Remedial |
Nilai Setelah
Remedial |
Ket. |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
dst, |
|
|
|
|
|
|
6.
Pengayaan
Dalam kegiatan
pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta
untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan
inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam
kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan.
7. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah,
guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom kolom kegiatan dalam buku teks
peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang
perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau
berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang
perkembangan kemampuan terkait dengan materi.
SIBOLGA , FEBRUARI 2023
Mengetahui
Kepala SMK N
2 SIBOLGA Guru
Mata Pelajaran
Bastian
Sitompul S.Pd Desmetamaria
Silitonga, S.Pd.K
NIP. 19701217 199702
1 002 NIP/NRK. -
Komentar
Posting Komentar